6 Tugas Pokok Seorang CMO ( chief marketing officer )


Hi kembali bersama saya pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan 6 tugas pokok seorang CMO. pasti kalian tidak asing mendengar kata CMO. CMO adalah singkatan dari chief marketing officer. dan CMO ada dalam sebuah perusahaan-perusahaan besar untuk mengatur atau menghandle sebuah marketing. dan ini adalah 6 tugas pokok seorang CMO dari pendapat Philip Kotler:

Kotler berpendapat bahwa ada 6 tugas pokok seorang CMO. Berikut adalah penjelasannya:

1. Mewakili aspirasi konsumen. Kotler mengatakan Voice of Customer (VoC) harus diwakili oleh kehadiran seorang CMO dalam sebuah korporasi.
2. Memantau lansekap/ medan bisnis yang terus berkembang dan mengumpulkan opini dan masukan dari para konsumen. Medan persaingan bisnis tidak stagnan, tetapi selalu dinamis dan berubah-ubah setiap waktunya. Konsumen dan pasar juga demikian. Seorang CMO harus bisa memonitor perubahan yang terjadi dan melaporkannya pada perusahaan sehingga perusahaan bisa beradaptasi dan mengantisipasinya dengan sigap.
3. Menjadi pengawal bagi perusahaan
Pengawal yang siap melayani kapan saja, itulah yang diperlukan oleh perusahaan dari seorang CMO andal. Terutama jika terjadi krisis dalam perusahaan, yang berhubungan dengan pemasaran, seorang CMO harus siap siaga memberikan tanggapan dan reaksi.
4. Memperbaiki teknologi pemasaran dan ketrampilan pemasaran dalam diri staf perusahaan. Teknologi adalah salah satu unsur terpenting dalam bisnis yang dinamikanya tinggi.
5. Memperkaya sinergi dan portofolio perusahaan dengan lebih banyak masukan segar. Dengan masukan yang penuh opini dan pandangan baru dan menginspirasi, perusahaan akan bisa bergerak lebih lincah dalam persaingan.
6. Mengukur dan menjelaskan tentang kinerja keuangan pemasaran. Sebagai salah satu bidang yang penting artinya bagi keberlangsungan perusahaan, pemasaran juga disokong oleh dana yang tidak sedikit persentasenya bahkan bisa dikatakan sebagai urat nadi bisnis. Seorang CMO yang kompeten akan dapat melakukan pengukuran kinerja tim pemasaran perusahaan dan menjelaskan kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan mengenai perubahan yang terjadi terkait dengan kegiatan dan strategi pemasaran perusahaan.

Komentar

Postingan Populer